5 Jurus Ampuh Menjadi Pengusaha Wanita Yang Sukses

5 Jurus Ampuh Menjadi Pengusaha Wanita Yang Sukses
Kali ini ane mau share Jurus ampuh menjadi pengusaha wanita sukses aja. Saat ini bukan tren-nya aganwati berdiam diri menunggu suami memberi uang belanja. Atau jika aganwati belum bersuami, jangan nunggu pangeran datang membawa 100 ekor unta lengkap dengan barang bawaan bahan makanan, pakaian, dan emas permata untuk melamar aganwati.

Jika anda adalah seorang istri dan anda merasa mempunyai ide bisnis yang bisa dikembangkan. Jangan ragu untuk menceritakan keinginan anda tersebut kepada suami. Dan yakinlah pasti suami anda akan setuju pada ide anda tersebut, jika anda masih bisa mengurusi anak-anak, mengurusi rumah tangga dengan baik dan pastinya bisa menguntungkan.

Bisnis yang bisa dikembangkan oleh aganwati biasanya bersifat bisnis rumahan atau home industri, karena dengan ini suami lebih yakin bahwa aganwati masih bisa menyelesaikan kewajibannya sebagai istri. Tidak usah saya sebutkan contohnya, anda pasti lebih banyak tau aganwati yang sukses mengelola bisnis rumahan. Kalo mau contohnya ini, ini, dan ini.

Tapi jika aganwati masih belum berkeluarga hal ini akan lebih mudah, karena gak perlu ijin suami, cukup ijin ortu aja. Inget, harus ijin ya...

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia 2012, sekitar 60 persen UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dikelola oleh aganwati. Biasanya aganwati menggeluti dunia bisnis, seperti industri fashion, kuliner bahkan agrobisnis. Hal ini menunjukkan bahwa aganwati memiliki potensi yang sangat bagus untuk memulai bisnis sendiri.

Sifat aganwati yang mudah bergaul, ulet dan jeli melihat peluang menjadi keunggulan khusus dalam bersaing di dunia bisnis. Jika aganwati berniat merintis bisnis, simak lima jurus berbisnis untuk wanita dari Jocelyn Pantastico, pendiri LiveOlive.com, sebuah situs personal money management khusus wanita pertama di Asia:

1. Tunjukkan passion terhadap usaha yang Anda geluti

Ketika berbicara dengan klien atau para investor potensial, mereka akan menilai etiket bisnis Anda, namun tetap saja passion yang terpancar dari Anda lah yang akan memberi nilai lebih. Mereka juga akan melihat sedalam apa pengetahuan Anda tentang bisnis yang Anda jalankan. Karena itu, Anda perlu mengetahui berbagai istilah dalam bisnis, seperti break-even point (tolok ukur yang memastikan bahwa Anda sudah berhasil menutupi biaya-biaya operasional), cost of acquisition (biaya untuk mendapatkan pelanggan), cash flow (alur keluar-masuk uang) dan profit margins.

2. Tegas dalam mengambil keputusan

Ketidaktegasan dalam pengunaan uang yang tidak terencana dapat merugikan dan membuat perusahaan kehilangan kesempatan bisnis.

3. Jangan merasa terbebani target

Tujuan yang besar kadang terasa menakutkan, maka berlatihlah untuk mengatasi hal tersebut. Perhatikan tujuan utama Anda dan fokuslah pada langkah kecil untuk menggapai tujuan tadi. Misalnya, bila Anda ingin mendapatkan keuntungan 50 juta, pikirkan dulu bagaimana cara mendapatkan 10 juta, kemudian 20 juta dan seterusnya. Akan lebih baik jika segala sesuatu diatur menjadi beberapa bagian. Bila Anda membutuhkan 10 klien per bulan dan success rate sebesar 10% maka yang harus Anda lakukan adalah menghubungi 100 klien. Ini artinya Anda harus menghubungi 5 klien per hari (asumsi 20 hari kerja dalam satu bulan)

4. Pisahkan keuangan bisnis dan pribadi

Walaupun usaha Anda baru saja dimulai, perlakukanlah usaha Anda seolah-olah usaha Anda sudah besar. Catatlah seluruh pengeluaran dan pemasukan baik-baik. Bukalah rekening khusus untuk usaha Anda, pisahkan dengan rekening pribadi. Dengan begitu seluruh pemasukan dan pengeluaran usaha Anda, ada dalam satu tempat dan memudahkan Anda untuk mengetahui kepastian keuntungan usaha. Hal ini juga akan membantu pencatatan pajak Anda.

5. Tidak perlu bermewah-mewah untuk urusan kantor Anda

Furnitur yang bagus dan mahal bukanlah sebuah prioritas saat memulai usaha. Coba pertimbangkan furnitur dan peralatan bekas pakai.

Nah, Jurus ampuh menjadi pengusaha wanita sukses sudah tau, sekarang aganwati siap memulai bisnis? ane do'akan mudah-mudahan bisnisnya membawa berkah bagi keluarga, aamiin.

Artikel terkait : entrepreneur , tips dan trik , wanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar