Tips Sukses Pengusaha Konveksi

Tips Sukses Pengusaha Konveksi
Bisnis di bidang kebutuhan pokok seperti pakaian, makanan, komunikasi (pulsa), dan perumahan atau tempat tinggal, memang menjanjikan dan gak ada matinya. Tapi kita dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif agar kita bisa bertahan dan tetap bisa bersaing dengan pengusaha lain. Bagaimana kisah seorang mahasiswa di kota pahlawan, surabaya yang bisa meraup uang puluhan juta rupiah bukan dengan sualap atau sihir. Pastinya ada tips sukses menjadi pengusaha konveksi gan.

Adalah Rendra Graha Utomo Putra, pria kelahiran 1990 ini memulai usaha Graha Konveksi (grahakonveksi.com) sejak 2009. Dengan membangun tagline "Transaksi Bersih dan Bebas Korupsi", Rendra berhasil mengantongi puluhan juta dalam satu bulan.

"Usaha saya bergerak pada bidang yang biasa disebut konveksi oleh banyak orang. Graha Konveksindo ini melayani pembuatan kaus oblong, kaus berkerah, kemeja, jaket, rompi, dan celana olahraga," kata Rendra.

Sempat jatuh bangun membangun usaha, tidak menyerah kincinya

Sebelum memulai usaha di bidang konveksi, layaknya pengusaha yang lain, Rendra juga pernah mengalami jatuh bangun dalam membesarkan usahanya. Awalnya, dia membangun usaha sepatu lukis. Sayangnya, karena maraknya persaingan, usaha itu bangkrut.

Namun, Rendra tidak putus asa, ia tetap bertahan, sebab kedua orang tua sudah tidak membiayai kuliahnya sejak semester satu.

"Waktu itu, dalam pikiran saya, bagaimana caranya untuk bisa survive untuk bayar kuliah, bayar kos, dan makan," kenangnya.

Meskipun pahit, laki-laki yang kini tengah menyelesaikan tugas akhirnya di Universitas Airlangga Surabaya ini mengaku fokus untuk membangun usaha konfeksinya. Pada akhir tahun, ia bahkan berencana untuk membuka toko baru dan mencari pegawai.

"Kalau konfeksi itu usaha borongan, kami tergantung pesanan. Tapi, Alhamdulillah setiap bulan selalu ada yang pesan, dan paling besar transaksi bisa mencapai Rp45 jutaan," ujarnya.

Tips sukses pengusaha konveksi

Sebagai penusha konveksi yang sukses Rendra tidak pelit berbagi tips sukses bagi pengusaha konveksi. Berikut beberapa tips yang dipaparkan oleh Rendra sebagai seorang pengusaha konveksi.

1. Menjaga kualitas agar tidak mengecewakan pelanggan

Berbicara soal kualitas produk, mahasiswa ini menjamin tidak akan mengecewakan. Sebab, dia sudah melakukan quality control pada semua tahap produksi, mulai sablon, jahit, bordir, hingga proses packing. Tak hanya memuaskan konsumen, kualitas juga selalu terjaga.

Detail kualitas produk selalu diperhatikan oleh Rendra, karena kualitas yang bagus memberikan kepuasan konsumen. Pelanggan yang puas membuka peluang minimal untuk kembali membeli produk kita lagi. Kalo mereka mau memberikan rekomendasi ke orang lain karena kepuasan yang diperoleh akan lebih menguntungkan kita lagi.

2. Memberikan harga terjangkau

Selain itu, dia memberikan kepuasan produk lewat harga yang terjangkau. Rendra memberikan harga yang pantas bagi produknya dengan kualitas yang terjaga. Ia pun menyediakan bahan kaus mulai dari katun TC, hyget, semi katun, katun lokal, hingga katun combed yang langsung diambil dari pabrikan di Kota Bandung.

Dengan cara mengambil bahan baku dari produsennya langsung, Rendra bisa memberikan harga terjangkau kepada konsumen tetap dengan kualitas terjaga. Sehingga Rendra bisa tetap bersaing dengan pengusaha konveksi lain.

"Kami ada banyak pilihan harga. Semuanya tergantung bahan yang diminta, dan kalau untuk pesanan, saya sudah melayani sampai luar Jawa," ceritanya.

Dan bicara soal omzet sebulan, Rendra berhasil mengantongi antara Rp30 hingga Rp50 juta.

Kalo agan n sista berminat untuk memesan produk dari Graha konveksi punya  Rendra Graha Utomo Putra, berikut ini adalah daftar harga produk Graha Konveksi:

Harga jaket:
Minim order dua lusin. Harga bahan Adidas/Diadora @Rp85.000, katun fleece lokal @Rp95.000, katun fleece Bandung @Rp115.000, drill @Rp115.000.

Harga kemeja:
Minim order dua lusin. Harga bahan American drill @Rp75.000, taipan drill @Rp85.000, nagata drill @Rp95.000, dan futura @Rp105.000.

Harga polo:
Minim order dua lusin. Harga bahan Lacoste TC @Rp55.000, Lacoste katun @Rp65.000, dan Lacoste pique Bandung @Rp75.000.

Sekian gan, semoga bermanfaat. sumber berita ane ambil dari vivanews.com. Kritik, saran, dan diskusi seputar tips sukses pengusaha konveksi ane tunggu komentar dibawah.

Artikel terkait : entrepreneur , tips dan trik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar