Penyebab Hipertensi Karena Sibuk Bekerja

Penyebab Hipertensi Karena Sibuk Bekerja
Seorang pengusaha memang harus giat bekerja untuk mengejar kesuksesan. akan tetapi bagaimana jika setelah sukses namun tidak bisa menikmati kesuksesannya dikarenakan menderita penyakit, wah...susah juga kan gan. "Berakit-rakit dahulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian" adalah bunyi pantun yang sangat populer sejak kita duduk di bangku Sekolah Dasar. Mungkin karena pantun tersebut sehingga kebanyakan orang bekerja keras banting tulang hingga lupa beristirahat, akhirnya terkena penyakit. Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena sibuk bekerja adalah hipertensi atau hipertensi. Berikut Penyebab hipertensi karena sibuk bekerja yang harus agan perhatikan.

1. Faktor keturunan
Bukan hanya warna kulit, ciri fisik atau sifat yang bisa diwarisi dari orang tua kita. Ternyata, penyakit pun bisa. Jika salah satu, atau kedua orang tua Anda mengalami hipertensi, kemungkinan Agan pun beresiko tinggi mengalaminya.

2. Usia
Seiring bertambahnya usia, kita semua semakin beresiko menderita hipertensi. Mengapa? Karena semakin kita bertambah tua, elastisitas pembuluh darah kita juga berkurang sehingga cenderung mengalami penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah pun meningkat.

3. Gender
Hingga usia 45, pria lebih beresiko mengalami hipertensi. Pada usia 45 hingga 64, baik pria maupun wanita memiliki tingkat resiko yang sama. Tetapi, justru pada usia di atas itu, wanita lebih beresiko.

Jika dari ketiga faktor diatas, agan termasuk didalamnya dan memiliki peluang lebih besar untuk terkena hipertensi, maka agan arus lebih waspada dan hati-hati terhadap ketiga faktor berikutnya.

4. Kurang gerak (Sedentary lifestyle)
Biasanya, orang yang tinggal di kota besar cenderung memiliki gaya hidup kurang gerak. Bekerja di kantor, dan terus menerus duduk, ditambah lagi kurangnya olahraga, akan cenderung meningkatkan resiko penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah. Akibatnya adalah meningkatnya resiko hipertensi. Hati-hati gan, jika agan termasuk orang yang sibuk kerja hingga lupa bergerak.

5. Berat badan berlebih
Sibuk bekerja hingga kurang gerak mengakibatkan berat badan berlebih. BMI (Indeks Massa Tubuh) bisa menjadi salah satu ukuran resiko. Jika BMI Agan 25 hingga 30, atau bahkan lebih, Agan terhitung kelebihan berat badan, dan lebih beresiko mengalami hipertensi.

Dua faktor dibawah ini mungkin adalah faktor yang sering dialami oleh orang yang sibuk kerja. Karena terlalu banyak kerja, semua ingin diselesaikan, sehingga waktu makan dan beristirahat dipakai untuk menyelesaikan pekerjaan.

6. Pola makan
Kalau Agan suka makan makanan tinggi kalori, lemak, dan gula, mungkin sudah saatnya Agan menguranginya untuk mengurangi resiko terkena penyakit hipertensi. Dan, ini juga adalah fakta umum yang diketahui hampir semua orang: kurangi makanan bergaram karena itu dapat menahan banyak cairan dalam tubuh sehingga meningkatkan tekanannya.

7. Stres
Stres dapat meningkatkan tekanah darah sewaktu. Hormon adrenalin akan meningkat sewaktu kita stres, dan itu bisa mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah pun meningkat. Selain itu, pada saat stres biasanya pilihan makanan kita kurang baik. Kita akan cenderung melahap apa pun untuk merilekskan diri, dan itu bisa berdampak secara tidak langsung pada tekanan darah kita.

Selain itu, menurut para ahli, gangguan kondisi kesehatan seperti Apnea tidur (Sleep Apnea) dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Orang yang mengalami gangguan ini sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokternya.

Sekian, semoga bermanfaat, semoga informasi mengenai penyebab hipertensi karena sibuk bekerja memberikan banyak manfaat bagi agan dan sista. Kalo bukan kita yang peduli terhadap kesehatan kita siapa lagi. Jangan sampai dokter peduli dengan kesehatan kita, artinya kita sakit :(. Di kesempatan lain ane akan posting Cara mengobati hipertensi dengan obat alami.

Artikel terkait : hidup sehat , hipertensi , kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar