4 Jurus Jitu Menggaet Banyak Follower di Twitter

follower
Bagi agan and sista yang pengen punya banyak follower banyak di twiiter, ane kasih jurus jitu menggaet follower, bukan berupa jampi-jampi atau mantra layaknya ilmu pelet untuk menyihir pujaan hati tapi sekedar tips dan trik . Nggak perlu beli follower atau buang tuh sikap ngemis ngemis "follback plisss", daripada ane kebanyakan ngomong sampai berbusa mulutnya, langsung aja ke TKP.

Seperti dirilis oleh detik.com para peneliti dari Georgia Institute of Technology mengungkapkan beberapa kunci mendapatkan follower alias pengikut yang banyak di Twitter.

1. Memposting tweet yang bernada positif

Cara terbaik untuk menarik follower baru di Twitter adalah dengan memposting tweet yang bernada positif. Semua orang seneng dengan kata yang bernada positif, tentu kata yang bernada positif akan memeiliki tanggapan yang lebih dibandingkan kata yang bernada negatif.

Akademisi di Georgia Institute of Technology itu melakukan studi terhadap lebih dari 500 pengguna Twitter dalam periode waktu 15 bulan. User Twitter yang memposting tweet bernada paling gembira, yang mudah dibaca dan memposting berita bagus mendapatkan follower terbanyak.

2. Menulis dengan jelas

Postingan yang ditulis dengan pola kalimat yang baik juga penting. "Ketika memutuskan untuk mengikuti atau tidak sebuah akun Twitter, kami menjumpai bahwa mereka memilih user yang menulis dengan baik," kata pemimpin riset, C.J. Hutto yang dikutip detikINET dari DailyMail, Kamis (27/2/2013).

3. Melakukan retweet berita yang menarik, melakukan mention, menulis balasan dan melabeli tweet teman sebagai favorit.

kata Hutto "mereka yang gemar melakukan mention pada follower, menulis balasan dan melabeli tweet teman sebagai favorit mengalami pertumbuhan jumlah pengikut yang bagus". Intinya disini jangan sungkan ataupun sombong dalam berinteraksi dengan follower kita. Orang akan lebih suka jika kita bersikap terbuka begitu juga dengan follower.

4. Pilih waktu yang tepat untuk memposting

Seperti dirilis oleh pengusaha muslim.com, Infograpic dari LinchinSEO memberikan informasi tentang hari-hari terbaik untuk memposting update kabar atau produk terbaru sesuai jenis bisnis. Berikut adalah rangkuman beritanya yang diambil dari 1800 facebook page mulai dari 1 april 2012 sampai 31 may 2012. Penelitian dari jejaring sosial tetangga twitter, tapi ane pikir masih relevan jika diterapkan di twitter. Peneliti meneliti waktu dan postingan apa yang tepat untuk waktu tersebut, sepertinya cocok untuk agan and sista yang memanfaatkan jejaring sosial untuk bisnis, berikut ringkasannya

a. Periklanan dan konsultasi
Jika anda memiliki jasa periklanan dan konsultasi, maka ujung minggu direkomendasikan karena menghasilkan interaksi 69% lebih tinggi dibandingkan hari biasa, walaupun hanya 11% berita yang diposting dibandingkan dengan hari biasa. Kesimpulannya adalah, balasan dari pelanggan akan didapatkan lebih banyak dengan jumlah postingan lebih sedikit pada hari weekend di bandingkan hari kerja.

b. Otomotif

Untuk bisnis otomotif juga disarankan untuk memposting berita-berita terbaru pada ujung minggu. Survey ini menunjukkan bahwa interaksi dengan pelanggan meningkat 15% jika dibandingkan dengan hari biasa.

c. Baju dan fesyen

Untuk bisnis baju dan fesyen, interaksi dengan pelanggan meningkat sedikit demi sedikit mulai dari hari senin dan mencapai puncak pada hari kamis, dimana meningkat 13%. Hari sabtu dan minggu juga menunjukkan interaksi diatas rata-rata.

d. Produk kemasan

Untuk bisnis produk kemasan, interaksi dengan pelanggan meningkat 15% pada ujung minggu dan hari rabu. Pada haris kamis interaksi lebih rendah dibandingkan hari lainnya.

e. Entertainment

Bisnis hiburan mengalami peningkatan interaksi dengan pelanggan pada ujung minggu, yaitu lebih tinggi 20% dari hari biasa. Hari sabtu lebih tinggi interaksinya dibandingkan minggu.

f. Keuangan

Interaksi dengan pelanggan sangat tinggi di ujung minggu, hal ini terjadi kemungkinan karena jasa-jasa ini tutup pada ujung minggu. Interaksi dengan pelanggan meningkat 29% lebih tinggi dibandingkan hari biasa, hanya dengan posting 4% dari posting hari biasa.

g. Makanan

Interaksi dengan pelanggan untuk bisnis makanan lebih tinggi pada ujung minggu, dibandingkan dengan hari biasa. Sayangnya bisnis makanan  memposting beritanya lebih sedikit pada ujung minggu dibandingkan hari kerja. Karena itu bagi anda yang memiliki bisnis makanan, disarankan untuk tidak berhenti posting di ujung minggu.

h. Kosmetik dan obat kesehatan

Hari senin dan minggu memperlihatkan interaksi yang lebih tinggi jika dibandingkan hari-hari biasa yaitu 11% dan 12%. Hari selasa merupakan  hari yang interaksinya lebih sedikit dibanding hari lain.

i. Bisnis non-profit

Ujung minggu menunjukkan interaksi yang lebih tinggi untuk bisnis ini, sayangnya banyak bisnis non-profit yang tidak memposting pada ujung minggu.

j. Penerbitan

Hari minggu dipilih oleh pengguna facebook untuk mengejar ketinggalan berita selama 1 minggu sebelumnya. Alhasil interaksi menjadi lebih tinggi sebanyak 5%. Pada hari senin, interaksi menurun 7%. Hal ini dikarenakan sibuknya para facebooker saat hari senin.

k. Informasi Olahraga

Acara-acara olahraga biasanya diadakan pada ujung minggu, karena itu tidak dipungkiri banyak interaksi tentang olahraga di ujung minggu. Untuk hari-hari biasa, interaksi pada page olahraga sangat jarang.

l. Teknologi

Senin adalah hari terbaik untuk posting karena interaksinya yang lebih tinggi 30% dari rata-rata. Interaksi jarang saat di ujung minggu.

m. Telekomunikasi

Untuk industry telekomunikasi, jumat, minggu dan senin mencapai interaksi tertinggi. Posting banyak dilakukan pada hari selasa oleh industri telekomunikasi, padahal interaksi pada hari selasa 8% lebih rendah dibandingkan hari lain.

n. Travel

Karena kebanyakan travelling dijalankan pada ujung minggu, maka interaksi pada page travel meninggkat dari hari kamis dan memuncak di hari minggu, yaitu meningkat 19% lebih tinggi dari rata-rata.

Linchpinseo juga memberikan fakta bahwa posting pada jam 8 malam sampai jam 7 pagi mendapatkan interaksi 14% lebih tinggi jika dibandingkan posting jam 8 pagi sampai jam 7 malam. Bisnis yang memposting satu atau dua kali dalam 1 hari mendapatkan interaksi 19% lebih tinggi. Page yang memposting lebih dari 7 kali setiap minggunya mengalami penurunan interaksi dengan pelanggan sebanyak 25%. Posting yang dilakukan pada ujung minggu mendapatkan interaksi 14.5% lebih tinggi daripada hari kerja. Sayangnya hanya sedikit bisnis yang memberikan posting pada ujung minggu.

Ane pikir tips dan trik diatas tidak hanya terbatas untuk twitter ataupun facebook aja, tapi untuk jejaring sosial lain. Sekian gan mudah-mudahan bermanfaat, maaf kalo tulisannya masih belepotan, maklum nubitol.

Artikel terkait : online , social media , tips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar