6 Kunci Kreatifitas Dalam Bisnis

 Kunci Kreatifitas Bisnis
Sebelum ane ngebahas apa saja kunci kreatifitas dalam bisnis. Dalam posting kali ini ada dua kata kunci atau keyword "Kreatifitas" dan "Bisnis", sedikit ane jelaskan apa definisi dari kedua istilah tersebut. berdasarkan olah TKP dari id.wikipedia.org,

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Atau singkatnya kesibukan yang mendatangkan keuntungan. Tapi perlu diingat pilih kesibukan yang halal yaa gan biar dapat barokah.

Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada.

Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta (creative thinking) (kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari daya cipta adalah tindakan membuat sesuatu yang baru. Yang mana daya cipta / kreatifitas dalam kemasakinian sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor: keturunan dan lingkungan.

Nah selanjutkan, Mungkin kita pernah melihat orang-orang yang mempunyai ide-ide kreatif dan mengubah ide tersebut menjadi suatu kesuksesan, betul? Mungkin kita sering bertanya, kenapa mereka bisa mendapatkan ide-ide kreatif dan saya belum bisa? Jawabannya mungkin karena ada mempunyai “mental block” atau bisa diartikan penghambat pikiran. Berikut adalah beberapa penghambat pikiran yang bisa mempengaruhi kreatifitas, berdasarkan olah TKP ane di pengusahamuslim.com, cekibrot:

1. Tidak jelas arah tujuan

Penghambat kreatifitas yang pertama adalah tidak jelasnya arah tujuan. Kita tidak mempunyai target dan tujuan yang jelas dan hanya mengikuti arus yang ada. Pada saat kita mempunyai tujuan yang jelasa tentang apa yang kita inginkan. Cara mengatasinya dengan sedikit kerja keras untuk menambah ilmu pengetahuan, akan muncul ide-ide kreatif pada pikiran anda.

2. Takut kegagalan

Pikiran anda tentang kegagalan akan langsung mematikan ide kreatif anda. Tidak hanya pikiran tentang kegagalan, pikiran takut membuat kesalahan dan takut kehilangan waktu dan uang juga menjadi penghalang kreatifitas. Kegagalan memang akan merugikan. karena itu cara mengatasinya kita harus mempersiapkan sebaik mungkin agar kita tidak gagal. Tapi kegagalan sesungguhnya adalah tidak mencoba.

3. Takut akan kritik

Penghalang lainnya adalah takut akan dikritik oleh orang lain dan juga takut akan penolakan dari orang lain. Takut akan di cap sebagai orang yang bodoh atau terlihat bodoh. kita sering berpikir orang lain akan berpikiran buruk tentang kita, tapi pada kenyataan belum tentu orang lain akan berbicara tentang kita, bahkan mungkin mereka tidak peduli dengan apa yang kita buat. Mungkin sebaiknya agan n sista perlu membaca 5 jurus menerima kritikan orang lain.

4. Homeostatis

Homeostatis adalah keinginan alam bawah sadar untuk tetap berada pada keadaan konstan (Sama) dengan masa lalu atau kehidupan anda sekarang. Hal ini karena ketakutan untuk mencoba sesuatu yang baru. Homeostatis sangat menjadi penghalang untuk orang yang ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis.

5. Berpikir pasif

Penghambat kesuksesan yang lain adalah berpikir secara pasif untuk mencari ide baru dan informasi baru, hal ini dikarenakan anda sudah nyaman dengan keadaan yang ada. Berpikir pasif sama seperti kehilangan energy pada otak atau sama saja seperti otot yang sudah lama tidak digerakkan. Cara mengatasinya adalah dengan berpikir secara proaktif. Proaktiflah dalam mencari informasi-informasi baru sehingga otak anda tidak menjadi kaku.

6. Berpikir rasional dan menjustifikasi

Manusia adalah mahluk yang rasional, tapi apa sebenarnya maksud dari rasional? Berpikir rasional adalah kemampuan untuk menjelaskan kepada diri kita sendiri, sehingga kita menjadi mengerti lebih baik dan lebih merasa nyaman. Dalam memutuskan segala sesuatu, kita harus memiliki alasan terhadap apa yang anda putuskan, sehingga kita yakin terhadap keputusan tersebut.

Jika bisnis agan n sista lebih kreatif dan inovatif tentu bisnis tersebut akan bisa bertahan dalam kondisi apapun. Sekian dari nubitol, setelah membaca postingan ini mudah-mudahan mental block kita akan hilang, dan kita menjadi pribadi yang kreatif, aamiin.

Artikel terkait : bisnis , entrepreneur , tips dan trik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar