Cara Memberikan Tawaran Menarik Kepada Konsumen

Cara Memberikan Tawaran Menarik Kepada Konsumen
Rasanya udah lama banget nih gan ane gak posting, karena ada beberapa kesibukan dan plus bulan Ramadhan :D. Meskipun sebenarnya punya lebih banyak waktu luang daripada hari biasanya namun fokus ibadah dulu :D. Mumpung masih suasana bulan syawal ni gan, ane ngucapin Taqoballooh mina wa minkum, semoga amal ibadah kita diterima Alloh, aamiin. Selamat hari raya idul fitri 1434 H, mohon maaf lahir dan batin. Pada postingan perdana di bulan syawal ini ane ingin berbagi untuk agan-agan semua mengenai bagaimana cara memberikan tawaran menarik kepada konsumen.

Menurut ane, cara ini sebenarnya lebih pas untuk agan n sista yang kurang pandai berbicara untuk menawarkan barang atau jasanya kepada konsumen. Karena hanya dengan beberapa patah kata atau kalimat yang ditempel didepan toko atau diatas barang dagangan agan, dimana calon konsumen bisa melihat dengan jelas tulisan tersebut berarti agan telah melakukan trik ini.

Jadi bagi agan yang tidak pandai berbicara menawarkan barang atau jasa ke konsumen mulai sekarang gak usah galau lagi, agan bisa praktekin ini jurus untuk menarik konsumen ke lapak agan. Bagi agan yang pandai berbicara, maksudnya ramah dalam menawarkan barang kepada konsumen trik ini bisa agan pakai juga, tentu akan lebih memberikan nilai plus bagi agan.

Ada beberapa trik sebenarnya yang bisa dipakai untuk memberikan tawaran menarik kepada konsumen, untuk lebih mudahnya ane bagi menjadi 3 macam:

1. Memberikan diskon

2. Beli 2 gratis 1, beli 3 gratis 1, etc

3. Memberikan hadiah tambahan

Dari ketiganya itu tidak akan ane bahas satu-satu secara detail, hanya poin #3 yang ane akan bahas disisni. Trik memberikan hadiah tambahan untuk menarik konsumen.

Ada 3 cara yang bisa agan lakukan untuk memberikan hadiah tambahan kepada konsumen:

1. Hadiah tambahan berupa aksesoris yang masih berhubungan dengan barang atau jasa tersebut.

Contoh:
- Beli handphone berhadiah sarung hp, bisa juga screen guard, memory card, sim card / kartu perdana.

- Beli laptop / PC berhadiah speaker, headset, mouse dan mouse pad

Trik ini sering ane jumpai di toko-toko elektronik, karena memang harga produk bisa dikatakan standar dari pabriknya, dan penjual tidak bisa memainkan harga terlalu jauh dari harga pasaran untuk mendapatkan margin keuntungan yang banyak, karena bisa-bisa konsumen akan lari. Jadi penjual bisa menerapkan trik ini, karena harga barang hampir sama dengan toko lain, tapi hadiah tambahan itulah itulah yang menarik konsumen ke tempat agan.

2. Hadiah tambahan masih ada hubungan dengan barang tersebut.

Contoh:
- Beli sepatu berhadiah sandal.

- Beli Kemeja berhadiah kaos.

Agan harus melakukan perhitungan secara cermat untuk menerapkan trik ini, jangan sampai agan mengalami kesalahan perhitungan, maksud hati ingin menarik konsumen tapi malah agan mengalami kerugian.

Bisa juga jika agan adalah seorang pemilik warung makan atau restoran, agan bisa menerapkan trik ini. Beli makanan berhadiah makanan, dimana makanan yg menjadi hadiah tersebut merupakan menu baru ditempat agan, sehingga trik ini sekaligus media promosi atau pemberitahuan kepada konsumen bahwa ada menu baru di restoran agan.

3. Hadiah tambahan tidak ada hubungannya dengan barang tersebut.

Contoh:
- Buka ATM berhadiah kaos.

- Beli sepeda berhadiah jam dinding.

Untuk hadiah tambahan yang seperti ini jangan sampai agan berikan secara cuma-cuma kepada konsumen. Maksud ane, agan bisa menambahkan nama toko agan atau perusahaan agan pada kaos atau jam dinding, sehingga hadiah tersebut sekaligus menjadi media iklan.

Beberapa trik diatas sebenarnya telah diterapkan oleh beberapa swalayan yang sudah memiliki brand besar. Mereka hanya menuliskan beberapa informasi di depan mall, atau diatas barang dagangan saja konsumen tertarik membeli. Bahkan tanpa ada keramahtamahan dari penjaga swalayan menawarkan barang atau menanyakan apa sedang dicari atau dibutuhkan konsumen, nyatanya konsumen tetap datang dan membeli. Sehingga penjaga swalayan fungsinya hanya mencarikan ukuran lain atau warna lain dari barang yang akan dibelinya.

Sekian trik atau cara memberikan tawaran menarik kepada konsumen, semoga bisa menjadi inspirasi bagi agan n sista. Dan ane harap dari trik ini bisa lebih memajukan usaha agan.

Artikel terkait : bisnis , entrepreneur , pengusaha , tips , tips dan trik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar