7 Alasan Mengapa Memilih BlackBerry 10

BlackBerry 10


Kali ini ane ingin sedikit berbagi Keunggulan BlackBerry 10 untuk agan and sista semua. Beberapa minggu yang lalu BlackBerry Z10 sudah dikenalkan ke hadapan publik, seperti dirilis wartanews.com antusiasme masyarakat Indonesia kepada BlackBerry 10 terlihat masih sangatlah tinggi. Bila Anda menanyakan sebanyak 10 orang teman Anda, maka sekitar 50% dari mereka diprediksi akan sangat menginginkan smartphone dari BlackBerry ini. Hal ini tidaklah mengherankan karena selama ini, Indonesia, bersama dengan Nigeria dan India merupakan penyumbang terbesar pendapatan Research In Motion (RIM). Hanya di tiga negara inilah RIM mampu menunjukkan keperkasaannya.


1. Handset Blackberry Z10, BB pertama dengan os terbaru

Blackberry Z10 merupakan salah satu misteri yang coba diungkap oleh beberapa media besar di dunia dalam dua bulan terakhir. Meski begitu, hanya sedikit informasi yang mampu didapat dari handset ini.

Untuk agan and sista yang selalu galau dengan koneksi internet yang lelet, nggak usah pusing tujuh keliling, delapan keliling...sepuluh keliling karena, akhir tahun lalu (18/12/2012), misalnya, dalam sebuah berita yang diulas Merdeka.com terdapat sebuah video yang menunjukkan kemampuan Blackberry Z10 ini ketika dibandingkan dengan iPhone 5. Hasilnya, Blackberry Z10 terbukti lebih cepat dalam mengakses internet dibandingkan smartphone milik Apple tersebut.

Cekidot gan video pengujian kecepatan browsing Blackberry 10 melawan iPhone 5

Selain membandingkan dengan iOS 6, ternyata Gadget Masters juga mengujinya melawan HTC 8X yang menggunakan Windows Phone 8. Dalam video juga nampak Blackberry 10 mampu mengungguli kecepatan browsing Windows Phone 8.

Sedangkan pengujian melawan HTC Windows 8X


2. Ketersediaan aplikasi

Tidak lengkap rasanya smartphone tanpa dukungan berbagai aplikasi yang ada. Hal inilah yang selama ini menjadi kelemahan Blackberry.

Memang dalam beberapa tahun terakhir ini salah satu alasan dari semakin ditinggalkannya Blackberry adalah kurangnya aplikasi yang tersedia di pasar aplikasi mereka. Hal ini membuat Blackberry kalah dengan smartphone berplatform lain macam Android dan iOS.

RIM sendiri bukannya tutup mata akan hal ini. Demi menyemarakkan os terbaru mereka, RIM bahkan mau memberikan insentif kepada para pengembang aplikasi agar mau membuat aplikasi untuk Blackberry.

Saat ini sendiri tercatat sudah ada 15 ribu aplikasi terdaftar di Blackberry World, pasar aplikasi baru Blackberry. Namun seperti dirilis liputan6.com BlackBerry 10 diluncurkan dengan dukungan 70.000 app yang ada. Tentu ekosistem ini jauh lebih sedikit ketimbang Android atau iOS. Apalagi tak semua app yang hadir merupakan app yang berkualitas. Tapi tentu BlackBerry akan terus memperbaiki ini.

3. Smartphone dengan tombol QWERTY

Bukan Blackberry namanya jika tidak memiliki keyboard QWERTY di handset mereka. Hal inilah yang juga ditunggu-tunggu oleh para penggila BB.

Selama ini, Memang Blackberry lah yang menjadi pelopor handset dengan keyboard QWERTY tersebut. Namun, dalam beberapa rumor Blackberry 10 akhir-akhir ini, nampaknya Blackberry akan meninggalkan ciri khasnya dan beralih ke handset dengan layar sentuh penuh.

Dalam video berdurasi 1 menit 47 detik itu, tampak salah seorang petinggi RIM, Vivek Bhardwaj, menjelaskan berbagai hal terkait dengan keyboard pada BlackBerry 10. Dijelaskan bahwa secara visual keyboard virtual BlackBerry 10 dirancang untuk terlihat dan terasa seperti keyboard fisik yang khas pada BlackBerry.

Monggo dicek,

Secara umum keyboard virtual pada BlackBerry 10 akan lebih cerdas dan personal. Fitur apik yang memungkinkan secara otomatis akan memunculkan spasi di antara kata-kata ketika penggunanya mengetik dengan cepat.

Keyboard pada BlackBerry 10 juga diklaim dapat menyimpulkan di mana spasi seharusnya berada dan ’content awareness’ pada keyboard tersebut cukup pintar untuk beralih di antara beberapa bahasa seperti bahasa Inggris dan Spanyol.

4. Handset pintar lainnya

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Thorsten Heins, CEO Blackberry, bahwa os Blackberry 10 ini tidak hanya akan diaplikasikan pada smartphone saja. Maka dari itu, dipastikan akan ada handset pintar lain yang akan menggunakan platform ini.

5. Kamera Blackberry Z10 Lebih Jernih

Kamera merupakan bagian paling penting untuk yang selalu narsis dan pengen eksis. Nah, salah satu fitur yang terbaru yang disematkan adalah fitur 'Photo Timeshift'. Kegunaan dari fitur tersebut adalah untuk merekam beberapa detik sebelum Anda memotret, sehingga Anda bisa mengatur mimik wajah agan and sista yang tepat sebelum momen foto tersebut hilang.

Rekaman yang diambil oleh kamera Blackberry Z10 tentu saja jernih sekali, semakin nyaman untuk ditonton oleh semua orang dan dibagikan lewat BBM. Tidak hanya itu, jika agan and sista tidak puas dengan jepretannya, agan bisa edit foto via BlackBerry, yaitu melalui aplikasi Story Maker layaknya iMovie pada perangkat Apple.

BB Z10 menggunakan kamera utama 8MP, yang bisa mengambil vido 1080p. Sedangkan kamera depan 2MP, yang mampu mengambil video dengan kualitas 720p.

Cekidot gan,

6. OS BlackBerry 10 anti ngehang

Tidak enak memang jika ponsel kita sering ngehang. Nah, selain memiliki fitur unggulan, sistem operasi BlackBerry 10 juga memiliki kapabilitas unggulan. Yakni BlackBerry 10 tidak akan ngehang atau crash saat digunakan atau sedang mengoperasikan aplikasi tertentu. Software QNX yang menjadi basis BlackBerry 10 sudah didesain powefull sehingga tidak memungkinkan terjadinya hang.

Pihak RIM mengklaim, di BlackBerry 10, tidak ada satu pun baris kode pemrograman yang sama dengan sistem operasi BlackBerry sebelumnya. Tampilan dan performanya mengalami perubahan signifikan: lebih gegas dan mulus. Fitur hingga sensasi pengalaman yang ditawarkan juga baru. Sehingga membuat ponsel BlackBerry lawas —yang menjalankan OS 7 atau di bawahya—tak dapat memperbarui sistem operasi menjadi BlackBerry 10. Sayang, meski sudah era prosesor quadcore, BlackBerry masih menggunakan prosesor dualcore 1,5 GHz dan RAM 2GB yang digunakan juga menunjang kinerja BB 10 untuk lebih cepat melakukan proses.

7. Adanya BlackBerry Flow

BB 10 juga memperkenalkan BlackBerry Flow. Ini memungkinkan pengguna untuk terus men-swipe di berbagai aplikasi. Flow juga sekaligus menghadirkan fitur multitasking, pengguna bisa membuka atau menutup aplikasi hanya dengan menekan tanda x di bagian bawah.

Sekian dulu nubitol berbagi informasi teknologi. Sekali lagi nubitol minta maaf jika tulisannya masih amburadul, tapi nubitol akan terus balajar untuk meningkatkan kualitas tulisan. Akhir kata, nubitol akan selamanya menjadi nubitol jika tidak berani mencoba, dan seorang profesional pun awalnya dulu adalah seorang nubitol, tapi karena mau belajar akhirnya bermetamorfosis menjadi seorang profesional.

Artikel terkait : teknologi , tips

Tidak ada komentar:

Posting Komentar