Cara Lebih Meningkatkan Penjualan

Cara Lebih Meningkatkan Penjualan
Sebelumnya ane pernah posting mengenai cara meningkatkan penjualan, postingan "Cara Lebih Meningkatkan Penjualan" adalah lanjutan dari postingan ane Cara Mudah Meningkatkan Penjualan. berikut caranya, cekibrot

Dorong staf penjualan untuk melakukan upselling

Nah makanan apa "upselling" itu? Ok kalo belum tau, upselling adalah menjual sebuah barang atau jasa disertai dengan produk yang relevan dengan tujuan memungkinkan pelanggan menggunakan produk atu jasa yang utama dengan lebih nyaman dan optimal. Yakinkan pelanggan tentang manfaat yang bisa didapat dengan memiliki produk tambahan tersebut. Misalnya jika agan menjual komputer, agan bisa menawarkan juga produk lain yang relevan yaitu screen guard. Agan bisa meyakinkan pelanggan dengan berargumen bahwa screen guard komputer tersebut bisa membuat permukaan menjadi lebih mudah dibersihkan dan tahan lama.

Berikan sedikit "bocoran"

Berikan informasi kepada pelanggan yang membuat mereka akan kembali di masa datang meskipun sekarang mereka belum membeli apapun. Contohnya agan dapat mengatakan kepada seseorang yang terlihat ragu untuk membeli produk agan. Beritahukan pada mereka akan ada diskon besar minggu atau bulan depan sehingga mereka bisa membeli saat mereka sudah yakin dan benar-benar memiliki uang. Dan biasanya pelanggan yang kembali tidak hanya datang bersama uang tetapi juga orang-orang terdekat mereka yang ingin membeli produk atau jasa agan, tambah untung kan??!

Perlakukan pelanggan setia dengan lebih baik

Siapa pun manusia itu, pastinya ingin diperlakukan secara istimewa. Begitu juga dengan pelanggan agan. Jangan sekali-kali memperlakukan pelanggan (apalagi pelanggan yang sudah terbukti kesetiaannya) dengan buruk. Berikan perlakuan istimewa sebagai bukti nyata penghargaan agan kepada mereka yang loyal. Bukan berarti jika pelanggan loyal kita datang belakangan kita layani duluan sehingga tidak ikut antrian pelanggan lainnya, hal ini membuat pelanggan baru tidak respon kepada kita. Karena ada banyak peluang dari pelanggan baru menjadi pelanggan loyal kita. Tetap perlakukan dengan adil semua pelanggan. Contoh perlakuan lebih kita menanyakan kabar mereka, "Gimana kabarnya? kok baru muncul? duduk dulu antrinya masih banyak". Atau bisa dengan memberi sedikit bonus kepada pelanggan loyal kita.

Fokus pada keinginan pelanggan

Fokuslah terhadap apa yang diinginkan pelanggan agan. Bila agan berhasil membuat pelanggan merasakan sensasi kepuasan tersendiri setelah mereka menggunakan produk agan, baru agan bisa mengklaim bahwa agan mengerti kebutuhan mereka. Begitu juga saat menciptakan halaman situs web agan, surat penawaran, dan sebagainya yang berkaitan dengan penjualan, tekankan kepada perasaan atau emosi yang akan mereka dapatkan setelah menggunakan produk agan. Menerangkan apa produk agan dan bagaimana produk itu bekerja akan terdengar membosankan bagi mereka.

Tetap jalin komunikasi dengan kenalan yang belum menjadi pelanggan

Sebagian besar orang yang ditawari biasanya tidak membeli di saat pertama kali mereka ditawari. Jadi jangan menyerah untuk terus mengirimkan email penawaran, newsletter, atau informasi terkini mengenai penyempurnaan produk.

Berikan kesempatan bertanya bagi calon pelanggan

Sebuah pertanyaan menandakan ketertarikan seseorang terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Jangan sia-siakan peluang ini dengan memberikan jawaban yang kurang memuaskan. Teristimewa dalam pertemuan tatap muka, agan bisa memberikan waktu bagi calon pembeli untuk bertanya. Masukkan juga halaman berisi daftar pertanyaan yang sering ditanyakan dan relevan dengan topik. diikuti dengan jawabannya. Dengan demikian, agan tidak perlu menjelaskannya satu persatu.

Buat proses membeli menjadi semudah mungkin

Pernahkah agan menunda pembelian bukan karena barangnya kurang menarik atau harganya terasa mahal, tetapi hanya karena prosedur pembeliannya yang berbelit-belit? Berikanlah berbagai alternatif populer dalam melakukan pembelian sehingga calon pembeli tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran. Jangan minta terlalu banyak informasi yang sebenarnya kurang perlu karena pelanggan justru akan merasa risih dan segan untuk membeli. Ucapkan “terimakasih banyak” setelah pelanggan melakukan pembelian lalu jika memang agan ingin informasi, mintalah setelahnya dalam bentuk yang ringkas.

Singkirkan pelanggan parasit

Cara satu ini mungkin terdengar agak kontroversial, tetapi  akan terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan agan. Perlu diketahui bahwa tidak semua pelanggan itu menguntungkan. Beberapa bahkan membuat agan merugi dalam jangka waktu lama. Itulah mengapa mereka disebut pelanggan parasit. Alih-alih memberikan keuntungan bagi agan, pelanggan jenis ini cuma bisa menyusahkan dan menghabiskan waktu, biaya dan tenaga agan. Jika agan tidak yakin tentang pelanggan mana yang tergolong parasit dalam bisnis agan, gunakan program manajemen pelanggan seperti Prophet. Sebuah sistem software yang baik akan bisa mendeteksi pembeli mana yang harus disingkirkan sebelum mereka membawa perusahaan agan ke kehancuran.

Tetapkan kelompok pelanggan mana yang paling menguntungkan

Sebagai kebalikan cara sebelumnya, gak mungkin donk kita malah membuang pelanggan yang menguntungkan. Pelanggan yang menguntungkan harus kita pertahankan. 

Gunakan teknik penjualan lain yang efektif
>> Buat headline menarik untuk tulisan agan.
>> Tulis salinan iklan agan hingga bernilai jual tinggi.
>> Masukkan himbauan bagi pelanggan untuk melakukan tindakan.
>> Berikan tawaran yang menarik.

Sekian, semoga bermanfaat bagi agan n sista. kalo agan n sista punya cara atau strategi lain dalam meningkatkan penjualan, jangan ragu-ragu untuk berbagi dengan agan-agan lainnya melalui blog agan atau melalui forum. Sumber ane ambil dari ciputraentrepreneurship.com. Kalo ada komentar atau ada yang perlu didiskusikan mengenai "Cara Lebih Meningkatkan Penjualan" bisa melalui komentar dibawah ini. Sukses selalu buat agan n sista, aamiin.

Artikel terkait : entrepreneur , tips dan trik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar