4 Tips Smart Menjadi Pengusaha Wanita

4 Tips Smart Menjadi Pengusaha Wanita
Bagi agan n sista yang dah berkeluarga mungkin pernah mengalami pendapatan yang ada kurang bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Ya, karena adanya tuntutan hidup, pendapatan yang ada dari suami kurang mencukupi, sehingga menuntut wanita turut bekerja untuk menutupi kebutuhan bersama. Sementara wanita sendiri tidak bisa melepaskan diri dari tugas engurus rumah tangga. Jadi sebagai agan wati haruslah pandai-pandai mengaturnya. Bagaimana kiat-kiatnya agar sukses keduanya? Berikut 4 tips smart menjadi pengusaha wanita.

Seorang wanita bernama  Casi Densmore -Koon baru-baru ini dinobatkan Tori Spelling (torispelling.com) sebagai mompreneur di bulan Desember tahun 2012. Agan n sista mungkin masih ada yang bingung dengan istilah mompreneur. Ane kasih tau gan, mompreneur adalah sebuah konsep yang mirip sekali dengan konsep SOHO (Small Office, Home Office) di mana seorang ibu rumah tangga bekerja cukup hanya dari rumahnya saja.

Pekerjaan yang dilakukan bukanlah semata-mata pekerjaan rumah tangga, melainkan sebuah usaha atau bisnis yang mekanisme dan operasionalnya dilakukan dari rumah, sehingga ibu masih bisa mengurus keluarganya dan juga mempunyai penghasilan yang bisa membantu keluarganya.

Balik lagi gan, Casi merasa jika ini menjadi momen melegakan dalam hidupnya, ketika telah melepaskan momen bekerja hingga larut malam, berjam-jam di meja kantor dan stres rutin setiap minggu. Kepada Tori Spelling, Casi berbagi cerita hingga dirinya mampu menjadi mompreneur.

Sebagai seorang mompreneur Anda memiliki dua pekerjaan full-time . Selain menjalankan rumah tangga, Anda juga perlu menjalankan bisnis dengan baik. Awalnya, Casi merasa ini bukanlah hal yang mudah mengingat dirinya harus merawat 5 orang anak. "Kadang-kadang aku ingin menjerit. Tapi  kubertekad tidak akan goyah kendati di bawah tekanan.

Namun dengan beberapa tips, semua dapat berjalan dengan baik," ungkapnya optimis.Dan, berikut beberapa tips smart yang ditempuh Casi untuk mewujudkannya.

1. Cari Gairah Anda dan Cintai Apa yang Dikerjakan
Ketika Anda harus memulai bekerja dari rumah dan memulai bisnis, Anda harus menyukainya. Jika Anda tak memiliki gairah pada bisnis yang sedang dibangun, ini tidak akan berhasil. Anda hanya dapat memberi apa yang didapat, dan  mendapat yang Anda beri. Anda tidak akan berhenti tak tidur di malam hari jika tak memiliki alasan. Jika Anda tidak memiliki gairah untuk menjalankannya, ini akan membuat Anda menuju sebuah kehancuran perekonomian.

2. Motivasi adalah kunci keberhasilan
Anda perlu memiliki gairah untuk meraih motivasi. Temukan sesuatu yang Anda cintai dan jalankan dengan gairah tersebut.

3. Pilih ruang khusus sebagai Home Office
Anda tidak akan pernah dapat mengerjakan apa-apa  tanpa ruang khusus, misalnya Anda berusaha mengerjakan pekerjaan dengan membuka  laptop  di ruang bermain anak. Memang, ada saat-saat dimana Anda perlu bekerja sembari menyiapkan makan malam. Seperti, membuka laptop  di atas meja dapur sementara Anda harus memanggang daging sapi. Tapi,  ini tidak bisa dilakukan sepanjang waktu.

Membuat home office adalah suatu keharusan bagi semua ibu bekerja  di rumah. Tidak hanya membantu Anda fokus, tapi juga membuat Anda tak perlu khawatir ataupun kurang konsentrasi. Dengan menciptakan ruang khusus di rumah untuk bekerja, Anda akan tetap terorganisir dan mengatur rumah tangga dengan baik disamping pekerjaan.

Ingat, Anda mungkin telah memilih menjadi mompreneur karena tidak dapat meninggalkan rumah  untuk bekerja. Jadi, ciptakan ruang  dalam rumah yang akan membantu kerja  tetap fokus. Jika Anda tidak memiliki ruang tambahan untuk home office , cobalah pilih sebuah sudut kecil, area tertentu, atau sebuah meja khusus sebagai home office Anda. Ini akan membantu Anda tetap terorganisir dan terfokus.  Buat Jadwal Sebagai Manajemen Waktu   Membuat jadwal adalah hal pertama yang perlu dilakukan ketika harus bekerja dari rumah.

3. Buat jadwal dan pengelolaan waktu dengan bijaksana
Sementara  bekerja di rumah,  Anda juga perlu menjalankan rumah tangga secara full-time sebagai ibu rumah tangga. Hal ini memang tidak mudah namun dengan membuat jadwal dan pengelolaan waktu dengan bijaksana, Anda dapat bekerja di beberapa titik. Dan jika Anda beruntung, dapat  tidur malam secara penuh.Dan, beberapa hari kemudian Anda mungkin  perlu menyusun jadwal kembali.

4. Semanagat, jangan pernah menyerah!
Ingat, banyak hal yang masih mungkin di dunia ini. Jangan biarkan siapa pun menggoyahkan diri Anda, ikuti kata hati!

Sekian gan, semoga bermanfaat bagi agan n sista. Namun, jika pendapatan suami sudah mencukupi kebutuhan bersama, lebih baik  sista tidak perlu mencari kesibukan di luar mengurus rumah tangga. Dengan lebih fokus mengurus pekerjaan rumah tangga, tentu hasilnya akan lebih baik.

Oke, jika ada yang perlu agan n sista diskusikan mengenai 4 tips smart menjadi pengusaha wanita, bisa lewat komentar dibawah. sumber ane ambil dari tabloidnova.com.

Artikel terkait : enterpreneurship , entrepreneur , sukses , tips , usaha , wanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar