Tips Sukses Buka Toko Online Untuk Pemula

Tips Sukses Buka Toko Online Untuk Pemula
Akhir-akhir ini bisnis toko online (online shop) bagaikan jamur di musim hujan. Dalam sebuah survei Index E-Commerce yang dilakukan Rakuten, Indonesia mendominasi dalam hal perilaku belanja online yang memanfaatkan rekomendasi di jejaring sosial. Sebagai pengusaha yang pandai melihat peluang, tentu saja agan n sista tidak boleh melewatkannya. So... nggak usah panjang lebar langsung aja, disini ane mau share tips sukses buka toko online untuk pemula.

Sebelum kepermasalahan inti, ada baiknya cari tau dulu hasil survei oleh Rakuten. Survei global yang dilakukan Rakuten itu menyebutkan, pengguna e-commerce di Indonesia mencapai 78 persen yang melakukan rekomendasi produk lewat media dan jejaring sosial.

Angka itu merupakan persentase tertinggi dalam survei. Bandingkan dengan Malaysia (67%), Thailand (65%) ataupun Amerika Serikat (39%).

Rata-rata nilai belanja per orang untuk 2012 -- dari seluruh negara yang disurvei -- mencapai Rp 7 juta-an (Rp 7.032.000). Namun ada jurang yang cukup besar antar negara.

Contohnya, Inggris disebutkan memiliki rata-rata belanja online hampir Rp 16,5 juta (Rp 16.490.000), sedangkan Indonesia hanya Rp 2,3 juta (Rp 2.318.000).

Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO Rakuten Belanja Online, mengatakan bahwa ada pertumbuhan hingga 2,5 kali lipat untuk belanja melalui jejaring sosial.

Inaba pun menyitir hasil penelitian lembaga riset Gartner mengenai tren yang dilabel "belanja sosial" ini. "Sekitar  50% informasi tentang konsumen baru akan didapat berdasarkan identitas dari jejaring  sosial, misalnya 'login melalui Facebook' pada akhir 2015," ujarnya.

Menurutnya, Rakuten pun berusaha agar konsumen bisa lebih mudah dalam berbagi konten rekomendasi produk melalui berbagai media sosial yang ada.

Jika agan n sista ingin sukses membuka toko online ada dua hal yang hukumnya wajib untuk diperhatikan, kualitas produk dan kualitas pelayanan.

Oke, sepertinya agan n sista dah gak sabar, sebenarnya apa sih tips sukses buka toko online untuk pemula, cekibrot:

1. Content

Adalah isi data atau informasi produk atau jasa yang Agan jual. konten ini harus di buat dengan tampilan yang menarik dan informatif. Bisa kombinasi antara tulisan dan gambar. Untuk menyederhanakan pengunjung atau calon pembeli, bisa juga disajikan dalam bentuk katalog produk.

Kebanyakan dari toko online menjual barang, maka gambar atau foto dari produk yang kita jual harus kita ambil sebaik mungkin, sehingga dengan hanya melihat foto barang dagangan kita calon pembeli bisa mengetahui kualitas barang tersebut. Usahakan jangan sampai kabur atau kurang jelas foto yang kita ambil.

Cukup ambil foto memakai kamera pocket, nggak perlu pakai kamera DSLR, memang hasil jepretannya tajem, tapi kalo gak punya, jangan maksain untuk beli daripada kantong jebol ^_^.

2. Traffic pembeli (Buyer Traffic)

Traffic Adalah banyaknya pengunjung ke website Anda, makin banyak pengunjungnya disebutkan makin tinggi traffic nya. Traffic ini menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah website. Pengujung website atau toko online agan itulah sebagai calon pembeli atau bisa kita sebut buyer traffic.

Semakin banyak pengunjung website atau toko online (online shop) Agan n sista maka kemungkinan terjadi transaksi juga semakin tinggi, meningkatkan pendaptan toko online. Agan n sista harus selalu menjaga agar traffic  website Agan tetap tinggi dan terus meningkat setiap harinya, cari terus cara untuk menaikan traffic pembeli (increase buyer traffic) di toko online (online shop) agan.

3. Presales

aktivitas selanjutnya yang harus agan lakukan adalah, memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan waktu pengunjung mengunjungi toko online agan, lakukanlah aktifitas presales baik offline maupun online.

Giring opini positif dari pengunjung dengan konten yang Agan kemas dengan sedemikian rupa sehingga mereka tertarik untuk membeli produk Agan. Sebagai tips menjual suatu produk di toko online agan jangan langsung to the point, misalnya kalau Agan menjual gedget, maka sajikanlah review mengenai gedget tersebut, yang ujung-ujungnya isi artikel tersebut mengarahkan pengunjung untuk membeli produk yang Agan jual. Artikel seperti ini sudah dikategorikan sebagai aktifitas presales.

Aktifitas presales secara online bisa dilakukan dengan mencantumkan id messanger seperti Yahoo messanger dari team sales Agan, sehingga mereka bisa melakukan chatting dengan para pengunjung untuk menjelaskan produk-produk yang dijual sekaligus melakukan aktifitas presales untuk menggiring pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan.

4. Sales

Aktivitas sales ini harus ditangani dengan baik, karena bisa saja pengunjung membatalkan transaksi pada proses ini. Beri kemudahan kepada pembeli untuk proses pembayaran , sediakan berbagai fasilitas  apakah mereka bisa membayar lewat kartu kredit, atau transfer lewat e-banking, atau lewat paypal dan lainnya. Dan pastikan bahwa transaksi pembayaran di toko online agan dijamin keamanannya. Berikan juga discount-discount yang menarik untuk setiap transaksi penjualan untuk menarik pembeli lebih banyak lagi.

Intinnya jangan bikin pembeli merasa ribet belanja di toko online kita. Salah satu contoh yang bikin ribet, pembeli harus mendaftarkan Email dan memasukkan nomor kartu kredit. Memang Email, facebook, twitter, dan social media lain bisa menjadi alat promosi kita selanjutnya, tapi kalo calon pembeli kita tidak punya akun-akun itu, sehingga menjadikan mereka tidak jadi beli, kita jadi kehilangan pembeli donk. Dah, cukup Alamat dan no HP aja, kalo ada akun-akun yang lain syukur.

Satu lagi, kita harus cepat dan tanggap dalam melayani calon pembeli, karena hal ini menjadi faktor penentu dalam kualitas pelayanan toko online agan. Jika agan merasa sibuk membalas sms atau chating calon pembeli agan bisa membayar orang untuk mengerjakan hal ini.

5. Delivery

ini proses terakhir dari seluruh rangkaian proses penjualan lewat toko online Agan, tapi bukan berarti proses ini tidak penting, malah sebaliknya. Karena proses jual beli dilakukan secara virtual maka proses pengiriman barang yang diperjualbelikan sangat penting. Proses pengiriman barang harus cepat, tepat dan aman, sehingga para pembeli puas.

Sekian tips sukses buka toko online untuk pemula, semoga bermanfaat buat agan n sista. posting ini ane tulis dari berbagai sumber. Cari tau terus tips untuk mengembangkan bisnis agan n sista di Caritahoe, yuk cari tau.

Artikel terkait : bisnis , entrepreneur , online , pengusaha , sukses , tips dan trik , usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar